Berikut lanjutan dari serial “maadza taf’alu fii haalatit taliyah” karya Syaikh Muhammad bin Shaleh al-Munajid:
1. Apa yang harus dilakukan, ketika kita merasa mendapat gangguan
dari setan, terlintas pikiran yang mengganggu konsentrasi shalat,
sehingga menyebabkan kita tidak bisa khusyu dalam shalat?
Jawab:
Kasus semacam ini pernah dialami oleh salah seorang sahabat, yaitu Utsman bin Abil ‘Ash radliallahu ‘anhu, beliau datang kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengadukan gangguang yang dia alami ketika shalat.
Kemudian beliau bersabda:
ذاك شيطان يقال له خنزب فإذا أحسسته فتعوذ بالله منه واتفل على يسارك ثلاثاً
“Itu adalah setan, namanya Khinzib. Jika kamu merasa diganggu,
mintalah perlilndungan kepada Allah dari gangguannya dan meludahlah ke
kiri tiga kali.”
Kata Utsman: Aku-pun melakukannya, kemudian Allah menghilangkan gangguan itu dariku. (HR. Muslim no. 2203)
Pelajaran hadis:
1. Dalam hadis di atas, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengajarkan kepada kita dua cara untuk menghilangkan gangguan setan dalam shalat:
a. Memohon perlindungan kepada Allah, dengan membaca ta’awudz (a-’udzu billahi minas syaithanir rajiim). Bacaan ini dilafadzkan, bukan dibatin. Dan ini hukumnya dibolehkan dan tidak membatalkan shalat
b. Meludah ringan ke kiri, bentuknya dengan meniupkan udara yang
mengandung sedikit air ludah. Ini dibolehkan, dengan syarat tidak
mengganggu orang yang berada di sebelah kirinya dan tidak mengotori
masjid.
Allahu a’lam
2. Ketika sedang melaksanakan shalat witir, tiba-tiba di tengah
shalat mendengarkan adzan subuh. Bolehkah kita melanjutkan shalat
witir?
Jawab:
Ketika seseorang mendengar adzan subuh, sementara dia sedang shalat
witir maka dia sempurnakan shalat witirnya dan semacam ini dibolehkan. (Fatawa Islamiyah Syaikh Ibn Utsaimin, 1:346)
Permasalahan semacam ini, sebenarnya termasuk dalam pembahasan waktu
shalat witir. Ulama berselisih pendapat, apakah berakhirnya waktu
shalat witir itu sampai terbit fajar ataukah sampai selesainya shalat
subuh. Mayoritas ulama berpendapat, waktu berakhirnya shalat witir
adalah sampai terbit fajar. Meskipun, banyak ulama lainnya yang
membolehkan shalat witir setelah adzan subuh, bagi yang berhalangan,
sehingga tidak bisa melaksanakannya sebelum subuh. (Mausu’ah Fiqhiyah Muyassarah)
3. Ketika seseorang belum sempat melaksanakan shalat asar karena
alasan yang dibenarkan, kemudian di datang ke masjid, dan ternyata
shalat maghrib telah dimulai, apa yang harus dilakukan?
Jawab:
Syaikhul Islam Ibn Taimiyah -rahimahullah- mengatakan:
Dia disyariatkan untuk melaksanakan shalat maghrib berjamaah bersama
imam, kemudian shalat asar. Ini berdasarkan kesepakatan ulama. Apakah
orang ini harus mengulangi shalat maghribnya, setelah mengerjakan
shalat asar? Dalam hal ini ada dua pendapat:
a. Dia harus mengulangi maghribnya. Ini adalah pendapat Ibn Umar,
Imam Abu Hanifah, Imam Malik, dan pendapat yang masyhur dari Imam
Ahmad.
b. Tidak perlu mengulangi maghribnya. Ini adalah pendapat Ibn Abbas, Imam Syafi’i, dan pendapat kedua Imam Ahmad.
Pendapat kedua lebih kuat. Karena Allah tidak-lah mewajibkan seorang
hamba untuk melaksanakan shalat wajib dua kali, jika sikapnya ini
disebabkan adanya udzur diperbolehkan. (Majmu’ Fatawa Ibn Taimiyah, 22:106)
4. Ketika seorang musafir hendak mengikuti shalat jamaah, sementara
dia tidak tahu apakah imamnya itu musafir ataukah penduduk asli.
Kemudian si musafir ini mengikuti shalat jamaah menjadi makmum, apakah
dia niatkan untuk qashar ataukah niat sebagaimana shalatnya orang
mukim, empat rakaat?
Jawab:
Yang lebih kuat, hendaknya dia melihat ciri imamnya, sehingga bisa
memperkirakan apakah dia musafir ataukah mukim. Kemudian dia mengambil
sikap sebagaimana dugaan kuat yang dia ketahui. Dalilnya adalah hadis
yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dari Ibn Abbas, bahwa beliau ditanya:
Mengapa musafir shalatnya diqashar ketika sendirian dan empat rakaat
ketika menjadi makmum orang yang mukim? Beliau menjawab: “Itu adalah
sunnah Abul Qasim (Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam).” Hadis ini dishahihkan oleh Syaikh Ahmad Syakir dalam ta’liq beliau untuk musnad Imam Ahmad.
Catatan:
Seorang musafir menjadi makmum masbuk, ketinggalan 2 rakaat, dan dia
berniat qashar, karena beranggapan imamnya seorang musafir, padahal
imamnya bukan musafir. Setelah salam bersama imam, dia mendapat info
bahwa imam bukan musafir, maka dia harus menambahi dua rakaat lagi
untuk menyempurnakan shalatnya dan sujud sahwi setelah salam. Demikian
keterangan Imam an-Nawawi dalam al-Majmu’, 4:356. Syaikh
Muhammad al-Munajid menambahkan: Pembicaraan yang dilakukan orang ini di
sela-sela shalatnya (setelah salam di rakaat kedua), tidaklah
menyebabkan shalatnya putus. Namun dia dibolehkan melanjutkan dan
menyempurnakan shalatnya, tanpa harus memulai dari awal. Selama
pembicaraan itu bertujuan untuk kepentingan shalatnya.
5. Ketika di tengah shalat, tiba-tiba ada orang yang mengetuk pintu.
Atau ada seorang ibu yang shalat, sementara bayinya melakukan tindakan
yang berbahaya, apa yang harus dilakukan?
Jawab:
Dibolehkan bagi orang yang shalat untuk melakukan gerakan ringan,
karena suatu kebutuhan yang mendesak, dengan syarat, tidak mengubah
arah kiblatnya. Seperti membukakan pintu yang berada di arah kiblat.
Dalilnya adalah hadis yang diriwayatkan Abu Daud, dari A’isyah radliallahu ‘anha, beliau mengatakan:
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah shalat,
sementara pintu rumah terkunci. Kemudian saya datang, dan saya minta
agar dibukakan. Beliau-pun berjalan dan membukakan pintu, lalu beliau
kembali lagi ke tempat shalatnya. Disebutkan bahwa pintu rumah beliau
berada di arah kiblat. (HR. Abu Daud no. 922 dan dishahihkan al-Albani)
Demikian pula seorang ibu yang sedang shalat, dan dia melihat
anaknya melakukan hal yang membahayakan, maka dia dibolehkan untuk
melakukan gerakan ringan ke kanan, ke kiri, ke depan, atau belakang.
Dan ini tidak merusak shalatnya. Termasuk dalam hal ini adalah orang
yang shalat, tiba-tiba sarungnya mau lepas, maka dia dibolehkan untuk
melakukan gerakan dalam rangka mengencangkan sarungnya. Bahkan, dalam
kondisi tertentu yang sangat mendesak, syariat membolehkan melakukan
gerakan yang banyak, meskipun menyebabkan kiblatnya berubah.
Sebagaimana disebutkan dalam hadis dari Abu Hurairah radliallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Bunuhlah dua hewan yang hitam (meskipun) ketika sedang shalat, yaitu ular dan kalajegking.” (HR. Abu Daud no. 921 dan dishahihkan al-Albani)
6. Bagaimana cara menjawab salam ketika shalat?
Jawab:
Dari Shuhaib bin Sinan radhiallahu ‘anhu, beliau mengatakan: “Saya melewati Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam
ketika beliau sedang shalat. Kemudian saya mengucapkan salam kepada
beliau dan beliau menjawabnya dengan isyarat.” (HR. Abu Daud no. 925
dan dishahihkan al-Albani)
Bagaimana cara isyaratnya?
Disebutkan dalam beberapa riwayat, diantaranya dari Ibn Umar radliallahu ‘anhuma beliau mengatakan: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam
pernah berangkat menuju masjid Quba untuk melaksanakan shalat.
Kemudian datanglah sekelompok masyarakat anshar dan mengucapkan salam
kepada beliau, ketika beliau sedang shalat. Ibn Umar bertanya kepada
Bilal, “Bagaimana yang kamu lihat ketika Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam
menjawab orang anshar yang menngucapkan salam kepada beliau, sementara
beliau sedang shalat?” Bilal menjawab: “Beliau berisyarat seperti
ini.” Bilal membuka telapak tangannya. Salah seorang perawi yang
bernama Ja’far bin ‘Aun membuka telapak tangannya, dimana bagian
telapak tangan mengarah ke bawah dan bagaian punggung mengarah ke atas.
(HR. Abu Daud no. 927 dan dishahihkan al-Albani)
7. Jika ada orang yang berhadats ketika shalat jamaah, apa yang
harus dia lakukan untuk bisa meninggalkan tempat, tanpa menimbulkan
rasa malu?
Jawab:
Hendaknya dia pegang hidungnya, kemudian keluar. Dalil tentang hal ini adalah hadis dari A’isyah, bahwa
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
إِذَا أَحْدَثَ أَحَدُكُمْ فِي صَلَاتِهِ فَلْيَأْخُذْ بِأَنْفِهِ ثُمَّ لِيَنْصَرِفْ
“Apabila kalian berhadats ketika shalat jamaah maka hendaknya dia pegang hidungnya kemudian dia meninggalkan tempat.” (HR. Abu Daud no. 1114 dan dishahihkan al-Albani)
Imam at-Thibi mengatakan: Adanya perintah memegang hidung ketika
batal shalatnya, agar dikira dia mimisan. Dan ini tidak termasuk
berbohong, namun sebatas menutupi keadaan dengan perbuatan. Tindakan
semacam ini mendapatkan keringanan agar setan tidak menggodanya untuk
tidak melaksanakan jamaah karena malu dengan jamaah lainya. (Lih. Mirqatul Mafatih, 3: 18)
Syaikh Muhammad Munajid memberikan komentar:
Semacam ini termasuk tauriyah yang dibolehkan dan tindakan
menutupi diri dengan bentuk yang terpuji, dalam rangka menghilangkan
ras malu. Sehingga orang yang melihatnya menyangka kalau dia keluar
disebabkan mimisan di hidungnya. Disamping itu, manfaat lain dari
petunjuk Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ini adalah untuk
menghilangkan godaan setan, dengan tetap berada di shaf atau
melanjutkan jamaah sementara dia berhadats. Ini merupakan tindakan yang
tidak Allah ridhai. Betapa tidak, padahal Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk pergi.
8. Seseorang telah melaksanakan shalat di suatu masjid, kemudian dia
berangkat menuju masjid yang lain untuk acara kegiatan tertentu,
seperti kajian atau yang lainnya. Sesampainya di masjid kedua, ternyata
shalat belum selesai. Apa yang harus dia lakukan?
Jawab:
Hendaknya dia masuk masjid dan langsung ikut shalat berjamaah, dan
dia niatkan sebagai shalat sunnah. Shalat ini boleh dilakukan, meskipun
dilakukan di waktu-waktu yang terlarang untuk shalat. Dalilnya adalah
hadis dari Yazid bin Aswad radliallahu ‘anhu, beliau mengatakan:
Saya ikut haji bersama Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.
Kemudian beliau shalat subuh bersama beliau di masjid khaif. Setelah
selesai shalat, beliau berbalik. Tiba-tiba ada dua orang duduk di
belakang yang tidak ikut shalat bersama beliau. Beliau bersabda: “Suruh
dua orang itu ke sini.” Keduanya-pun disuruh menghadap Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,
sementara badannya gemetaran (karena takut). Beliau bertanya: “Apa
yang menghalangimu sehingga tidak shalat jamaah bersama kami?” Mereka
menjawab: Wahai Rasulullah, kami tadi sudah shalat di jalan. Kemudian
beliau bersabda: “Jangan kamu lakukan itu, jika kalian telah shalat di
jalan, kemudian kalian singgah di masjid yang sedang dilaksanakan
jamaah, ikutlah shalat bersama mereka. Sesungguhnya shalat yang kedua
ini menjadi shalat sunnah bagi kalian.” (HR. Turmudzi no. 219 dan
dishahihkan al-Albani)
Syaikh Muhammad Munajid mengatakan:
Dalam hadis di atas disebutkan bahwa kedua orang tersebut datang ke
masjid setelah melaksanakan shalat subuh. Dan ini termasuk waktu
terlarang. Diriwayatkan oleh Imam Malik dalam al-Muwatha’, dari Mihjan radliallahu ‘anhu, bahwa beliau berada di majlis Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.
Tiba-tiba adzan dikumandangkan. Rasulullah-pun melaksanakan shalat
bersama jamaah. Sementara Mihjan tetap berada di tempat duduknya dan
tidak ikut shalat berjamaah. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam
bertanya: “Apa yang menghalangimu untuk ikut shalat jamaah, bukankah
kamu seorang muslim?” Mihjan menjawab: “Betul, wahai Rasulullah, akan
tetapi saya sudah shalat di rumahku.” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Jika kamu datang (di masjid), shalatlah berjamaah bersama masyarakat. Meskipun kamu sudah shalat.” (al-Muwatha’, 1:130 dan dishahihkan al-Albani).
Sumber : Muslimah.Or.Id
Shoffiyah Az Zahra
Tidak ada komentar:
Posting Komentar